Minggu, 05 Juli 2009

Siapa Kyai Kendil Wesi? : adakah hubungannya dengan Bagus Menot

Siapakah Kyai Kendil Wesi itu?
Menurut catatan Amien Budiman, Kyai Kendil Wesi itu nama aslinya adalah TUmenggung Singowijoyo. Bupati Kendal ini tewas di gunung Tidar Magelang ketika terjadi geger Pakunegaran. Kemudian ia digantikan oleh kemenakannya dengan gelar Tumenggung Mertowijoyo. Dan setelah meninggal digantikan oleh adiknya dengan nama kehormatan yang sama yaitu Tumenggung Mertowijoyo, yang meninggal di Loji Semarang. Tumenggung ini mempunyai putera yang bernama Mertowijoyo yang kemudian lebih dikenal dengan Mertowijoyo I.

Sedangkan catatan yang beredar di Kendal menerangkan bahwa yang dimaksud Kyai Kendil Wesi adalah bupati Kendal yang memiliki nama Mertowijoyo II, adik dari Tumenggung Singowijoyo yang memerintah pada tahun 1700 - 1725. Meninggal dan dimakamkan di pemakaman Pekuncen Kendal. Sedangkan pusakanya yang bernama Kendil Wesi diwariskan pada puteranya yang namanya juga nunggak semi dengannya yaitu Mertowijoyo III. Setelah meningal dunia, jenazah dan pusaka Kendil Wesinya dimakamkan di bawah pohon Doropayung Desa Sukolilan Patebon Kendal.

Nama Mertowijoyo jgua ditemukan dalam buku Serat Babad Negari Semarang dan Babad Mentawis. Dalam Serat Babad Nengari Semarang diterangkan bahwa nama Mertowijoyo itu masih ada hubungannya dengan Ki Ageng Pandan Aran I (Ki Mode Pandan), penguasa Semarang atau Tirang Amper, yang berarti ada hubungan garis keturunan dengan Raden Fatah, Sultan Demak.

Lengkap silsilahnya disebut sebagai berikut; Raden Fatah (Demak) berputera Pangeran Sabrang Lor, berputera Pangerawn Pandan Aran I (Ki Mode Pandan), berputera Pangeran Kanoman bupati Semarang (adik Sunan Tembayat), berputera Kyai Khalifah, berputera Kyai Laweyan, berputera Kyai Sumendhi (Kyai Alap-alap, bupati Semarang), berputera Kyai Rangga Hadi Negoro (Surahadimenggala ke-2, bupati Semarang), berputera Kyai Ronggo Mertoyuda (Surahadimenggala ke-3, bupati Semarang), berputera Kyai Mertowijyoyo.

Namun menurut cerita yang dicatat dala buku peninggalan-peningglan kunodi Kendal disebutkan bahwa Mertowijoyo berasal dari Lumajang. Karena ada selisih keluarga dengan adiknya, ia mengalah dan membawa pengikutnya berlayar dan akhirnya terdampar di Kendal.
bersama pengikutnya ia membuka suatu daerah sebagai tempat tinggal, dan karena ia mempunyai sebauh pusaka yang berwujud kendil terbuat dari bes, maka ia terkenal dengan nama Kyai Kendil Wesi. Ia meninggal ketika geger pakunegaran di gunung Tidar Magelang, dan jenazahnya dimakamkan di Pekuncen Kendal. Sedangkan jabatan bupati jatuh ke tangan Mertowijoyo III, putera Mertowijoyo I berikut pusakanya.

Kemudian siapa yang dimaksud dengan Bagus Menot?
Diceritakan bahwa ia putera Tumenggung Mertowijoyo. Namun tidak jelas Mertowijoyo yang mana. Namun kalau dilihat dari cerita yang beredar di Kendal bahwa ia adalah putera adipati tetapi akhir hayatnya mukso tanpa nama. Bisa jadi ia adalah putera Adipati Mertowijoyo I. Sebab, ketika Mertowijoyo I meninggal dunia, jabatan bupati diwakili oleh patihnyasendiri (lihat dan perhatikan dalam nama-nama Bupati Kendal di bagian akhir).

Seperti diceritakan oleh juru kunci makam Bagus Menot, Pak Puji (50), serta para orang tua yang suka dengan cerita tempo dulu, bahwa Bagus Menot adalah putera seorang adipati. Ketika ayahnya kembali dari berperang (geger Pakunegaran) ia dalam keadaan terluka parah karena terkena sabetan senjata. Sedangkan isterinya dalam keadaan hamil. Sebelum Mertowijoyo meninggal dunia, ia berpesan kepada semua kerabat bahwa kelak yang menggantikan dirinya menjadi bupati Kendal adalah putera yang masih dalam kandungan. Bila ia nanti lahir laki-laki, harap diberi nama Jaka Aminoto. Dan apaibila menduduki kursi bupati namanya Adipati Aminoto. Begitu pesan ayahandanya, Mertowijoyo. Ada tuturan lagi, selain bernama Aminoto jga punya nama lain yaitu Raden Sutejo.

Kelahiran bayi Aminoto bersamaan dengan kematian sang ibu. Maka bayi Aminoto dirawat oleh keluarga. Ketika mencapai usia dewasa, kira-kira 17 tahun, malapetaka menimp dirinya. Orang yagn menduduki jabatan bupati warisan dari ayahnya merasa resah karena pewaris yang asli sudah tumbuh dewasa. Maka tidak ada jalan yang terbaik kecuali harus menyingkirkan sang pewaris dengan cara apapun.

selanjutnya...(klik di sini)

disadur dari buku 'Babad Tanah Kendal' karya Ahmad Hammam Rochani

7 komentar:

Unknown mengatakan...

Kendal menyimpan banyak cerita yang masih menyisakan PETILASAN / MAKAM yang belum termuat dalam blog ini, bagi yang tahu tolong bisa dibeberkan Babad / sejarah / cerita rakyat seputar : (1).Den bagus Sentono / Ki Krapyak, makam di dekat Kedung Pengilon Magangan (2).Ki Pegulon, makan didesa Pegulon, (3)Ndoro Payung (didesa Sudipayung) (4)Den Bagus Menot dan Den ayu Lanjar makam di Dusun Mbiru Bandengan, adakah terkait cerita2 tersebut diatas ?

Lan Panjang mengatakan...

Assalamualaikum, Nama saya Azlan dan saya berasal dari Petaling Jaya, Selangor di Malaysia. Mengikut cerita arwah ayah saya, Hj Abdul Aziz Hj Saif, kami dari keturunan Kiyai Kendil Wusi.

Kalau tidak keberatan, pohon kerjasama untuk kongsikan sebarang dokumen atau lokasi di mana saya boleh dapatkan maklumat lanjut berkenaan dengan salasilah keluarga saya.

Jika ingin maklumat lebih lanjut, saya boleh dihubungi di alamat emel azlan.aziz1968@gmail.com atau melalui handphone +6017 623 7813.

In sya Allah, semoga impian saya untuk mengembangkan lagi salasilah keluarga Kiyai Kendil Wusi dapat dicapai agar ikatan silaturahim di antara keluarga ini dapat dieratkan.

Sekian, terima kasih.

Unknown mengatakan...

Saya juga keturunan nya kang

Unknown mengatakan...

Mbah kendil wesi
Mbah brajang kawat
Mbah solikin

Unknown mengatakan...

Desaku kendilwesi lo min tp banjarnegara

tere mengatakan...

lalu makam Ki ageng Kendil Wesi yang di Gombong itu Ki ageng kendil Wesi yang mana?

tere mengatakan...

lalu makam Ki ageng Kendil Wesi yang di Gombong itu Ki ageng kendil Wesi yang mana?